Wednesday, February 22, 2023

Pesan Menkes ke Bapak-bapak: Daripada Rokok, Lebih Baik Beli Telur untuk Anak | PT Rifan Financindo

 PT Rifan Financindo -  Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin berpesan kepada para orang tua agar memperhatikan kebutuhan gizi anak. Budi kemudian memberi pesan kepada para ayah yang merupakan perokok.

Mulanya Menkes Budi, yang sedang mensosialisasi gerakan pencegahan stunting, menjelaskan bahwa timbangan anak harus naik setiap bulan. Jika berat badan tak naik, lanjut Menkes Budi, bisa jadi ciri-ciri stunting.

"Timbang harus setiap bulan. Kalau timbangannya nggak naik, nah itu udah ciri-ciri. Dia harus dikasih telur saja tiap hari," ujar Menkes Budi di di Posyandu Balita Cempaka 3, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Rabu (22/2/2023).


"Sekali beli sekilo dapatnya 16 ya? Jadi bayangin, beli telor sekilo Rp 30 ribu bisa untuk si bayi 16 hari," sambung dia.

Barulah Budi Gunadi menyindir kaum ayah yang perokok. Budi menuturkan uang yang digunakan untuk membeli rokok lebih baik dipakai untuk membeli telur agar mencegah anak dari stunting.

"Daripada dipakai buat ngerokok bapak-bapaknya bisa habis Rp 10 ribu sehari, lebih baik dibeliin telor buat anaknya. Jadi ibu-ibu, tolong, bapak-bapaknya nggak usah ngerokok, buat beli telor anaknya," tutur Menkes Budi.

Dalam kunjungan ke Posyandu Balita Cempaka 3, Budi Gunadi didampingi Penjabat (PJ) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono. Di kesempatan yang sama, Heru mengingatkan masyarakat dapat memperhatikan gizi setiap anaknya agar tidak terkena stunting.

Pantauan detikcom, Rabu (22/2), Heru, yang mengenakan pakaian dinas tiba di Posyandu Balita Cempaka 3, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, pada pukul 09.50 WIB. Heru didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti menyapa masyarakat yang hadir. Lalu hadir pula Menkes Budi Gunadi yang disambut langsung oleh Heru Budi.

Heru menjelaskan bahwa 3 dari 15 anak yang batu mengecek kesehatannya pagi ini dinyatakan stunting. Dirinya juga menghimbau kepada para orang tua agar disiplin dalam memperhatikan kesehatan anaknya.

Sumber : news.detik

PT Rifan Financindo

No comments:

Post a Comment