Monday, February 5, 2024

Huawei Raja HP China Terbaru, iPhone Kalah Telak!

HP Huawei laku keras di China pada 2023, setelah merilis seri smartphone Mate 60 yang bikin gempar industri teknologi. Laporan IDC mencatat pengapalan HP Huawei meningkat 36,2% pada Q4 2023 secara tahun-ke-tahun (yoy).

Pertumbuhan itu mengantarkan Huawei kembali masuk ke daftar 'top 5' ponsel di China. Huawei menduduki posisi ke-4.

Kini, laporan terbaru dari firma riset Counterpoint mengungkap posisi Huawei makin menanjak. Huawei merajai pasar HP China dalam hal penjualan sepanjang 2 pekan pertama di 2024.

Ini adalah prestasi besar bagi Huawei. Sejak mendapat sanksi AS pada 2019, Huawei tak pernah lagi menduduki posisi pertama. Bahkan, peringkatnya sempat tak masuk jejeran 'top 5' di China.

Huawei berhasil menggeser posisi Apple yang pada Q4 2023 dilaporkan merajai pasar HP China menurut laporan IDC.

Seperti prediksi, penjualan Huawei didorong oleh larisnya ponsel Mate 60 yang dirilis pada Agustus 2023 lalu, dikutip dari Gizmochina, Senin (5/2/2024).

Distributor lokal mengatakan seri Mate 60 masih saja diminati pasar hingga saat ini, setelah 5 bulan hadir di pasaran. Padahal, banyak produk lebih baru dari vendor lain yang dirilis dalam beberapa bulan terakhir.

Ke depan, Huawei memiliki rencana ambisius untuk meluncurkan Harmony OS NEXT. Sistem operasi itu akan menggunakan kernel buatan Huawei. Hal ini menandai lepas totalnya Huawei dari ketergantungan ke Android milik Google.

Selain Mate 60, seri Nova 12 juga membantu memperkuat pertumbuhan penjualan Huawei. Jika Mate 60 menyasar pasar premium, seri Nova 12 lebih menargetkan segmen mid-range.

Menurut Counterpoint, pasar HP premium di China mengalami lonjakan sebesar 27% sepanjang 2023. Meski posisi Apple masih kuat, tetapi Huawei dan pemain lokal lainnya pelan-pelan mulai merebut pangsa pasar flagship.


Sumber : cnbcindonesia

No comments:

Post a Comment