Tuesday, June 27, 2023

TPN Ngaku Belum Tagih Rp 22 Juta ke Nasabah Jenius yang Viral | PT rifan

 PT rifan - PT Bank BTPN Tbk buka suara soal nasabah Jenius yang tiba-tiba ditagih Rp 22 juta untuk transaksi lewat kartu kredit yang tidak dilakukannya. Sebelumnya, dinarasikan nasabah bernama Hiasinta Galistheda diminta membayar tagihan tersebut sebelum kasusnya bisa diinvestigasi.

Namun Communication & Daya Head BTPN Andrie Darusman membantah hal itu dan menyebut investigasi tetap berjalan tanpa menunggu tagihan kartu kredit muncul. Jika hasil investigasi menunjukkan nasabah tidak melakukan transaksi, Jenius akan mengembalikan limit kartu kredit.

"Selama proses investigasi berlangsung, Jenius tidak melakukan penagihan transaksi tersebut dan investigasi tetap berjalan tanpa menunggu hingga tagihan kartu kredit muncul," katanya kepada detikcom, Senin (26/6/2023).

"Jika dari hasil investigasi nasabah tidak terbukti melakukan transaksi tersebut, Jenius akan melakukan pengembalian limit kartu kredit," lanjutnya.

Andrie menyebut Jenius dari Bank BTPN menyayangkan kejadian ini. Jenius dan Visa tengah berkoordinasi dan menginvestigasi kejadian tersebut. Jenius juga telah menghubungi nasabah untuk menyampaikan perkembangan laporannya.

"Di Jenius, keamanan dan kenyamanan nasabah merupakan prioritas kami. Jenius juga mengingatkan agar nasabah selalu waspada terhadap berbagai modus kejahatan. Selain itu, Jenius mengimbau agar nasabah bertransaksi pada merchant yang mendukung pembayaran menggunakan sistem 3D Secure dari Visa sebab dilengkapi dengan OTP," jelasnya.

Sebelumnya, Pengguna Twitter @yourlastnameis membagikan pengalaman tidak mengenakan saat ditagih sejumlah uang untuk transaksi yang tidak dilakukannya. Dinarasikan akun @yourlastnameis tiba-tiba mendapat pemberitahuan transaksi kartu kredit (cc) Jenius sebesar Rp 15 juta. Lokasi transaksi diduga berada di Amerika Serikat (AS).

"Nyesek banget ini gimana ceritanya, lagi nggak ngapa-ngapain tiba-tiba ada notif transaksi cc Jenius senilai Rp 15 juta buat di US? Punya visa aja kaga, tapi tagihannya masuk ke saya nih, @JeniusConnect," tulisnya seperti dilihat detikcom.

Baca juga:
Jenius Luncurkan Kartu Kredit Serba Digital, Apa Keunggulannya?
Dalam foto yang dibagikan, terlihat transaksi tersebut dilakukan untuk Merchant. Empire State Observato, New York US senilai Rp 15,83 juta. Lalu transaksi di merchant Seaworld/Busch Gardens Orlando, US senilai Rp 6,25 juta, sehingga total tagihan diperkirakan mencapai Rp 22 juta. Tim detikcom sudah berusaha menghubungi pemilik akun, namun saat berita ini ditulis belum mendapatkan respons.

Korban mengaku sudah menghubungi pihak Jenius dan sempat diminta membayar tagihan untuk kemudian dapat diinvestigasi. Ia pun mempertanyakan mengapa data pribadinya bisa bocor.

"Udah chat dan telepon Jenius help tapi disuruh nunggu sampai statusnya tertagih bahkan disuruh bayar dulu baru nanti di investigasi? Gimana nih saya harus bayar yang nggak saya lakuin? OTP aja nggak ada yang masuk, KOK DATA SAYA BOCOR???" tanyanya.

Ia menambahkan, dua hari lalu dirinya juga mendapat notifikasi kenaikan limit kartu kredit secara otomatis sebesar dua kali lipat. Adapun perkembangan status terbaru kasus ini, pihak Jenius sudah membuat laporan. Nasabah berharap tidak perlu mengeluarkan uang untuk membayar tagihan tersebut.


Sumber : Finance.detik

 PT rifan

No comments:

Post a Comment