Wednesday, December 21, 2022

Pengertian, Fungsi Serta Perbedaan Microsoft Word dan Excel | PT Rifan Financindo

PT Rifan Financindo  - Microsoft Office menjadi salah satu aplikasi terbesar dan terpopuler di seluruh belahan dunia. Tak heran jika aplikasi yang dibuat Microsoft di Redmond, Washington ini digunakan oleh jutaan orang setiap harinya.


Para pengguna Microsoft bisa membuat dokumen, mengolah data, bahkan hingga menghitung angka. Hadirnya aplikasi ini tentu akan mempermudah seseorang dalam menyelesaikan berbagai pekerjaan.

Diketahui, Microsoft Office sendiri memiliki beberapa jenis program. Di antaranya Microsoft Word, Microsoft Excel dan lain sebagainya. Namun, pada pembahasan kali ini kita hanya fokus pada Microsoft Word dan Excel saja.

Jika dirasa kalian sudah penasaran dan meminta "Jelaskan apa itu Microsoft Word?", berikut adalah pengertian, fungsi serta perbedaannya dengan Microsoft Excel.

Pengertian Microsoft Word.

Melansir dari laman resminya, Microsoft Word merupakan perangkat lunak (software) yang bisa digunakan untuk mengolah data berbentuk teks. Baik itu berupa angka maupun huruf.

Sudah tak asing lagi dengan aplikasi yang satu ini sebab Microsoft Word paling banyak dimanfaatkan oleh berbagai kalangan untuk pembuatan dokumen khususnya dalam hal yang berkaitan dengan tulis-menulis.

Fungsi Microsoft Word
Dihimpun detikINET dari berbagai sumber, Rabu (21/12/2022) berikut merupakan fungsi Microsoft Word yang bisa kalian manfaatkan untuk beberapa keperluan. Maka dari itu, yuk ikuti penjelasannya di bawah ini.

Membuat Dokumen Teks
Fungsi utama dari Microsoft Word yang pertama yaitu untuk membuat dokumen teks. Dimana nantinya dalam pengerjaan, Word akan membantu penggunanya untuk membuat dokumen yang rapi sehingga enak untuk dilihat.

Umumnya, dokumen teks ini berupa susunan laporan, surat lamaran, tugas sekolah, brosur bahkan hingga buku sekalipun.

Membuka serta Membuat Berbagai Format Dokumen
Tak hanya digunakan untuk membuka dokumen dengan format .docx saja. Kini, Microsoft Word juga bisa digunakan untuk membuat berbagai dokumen dengan format yang jauh lebih beragam. Format tersebut diantaranya seperti .pdf, .dot, .html, .xps, .txt, .xml, dan .wpd.

Mengoreksi Kata
Sesuai namanya, Microsoft Word juga bisa kalian manfaatkan untuk mengoreksi kata. Mengingat manusia tidak pernah luput dari kesalahan, kemudian aplikasi tersebut berinisiatif untuk meluncurkan fitur koreksi kata dalam berbagai bahasa supaya terhindar dari kesalahan ejaan ataupun penulisan nama.

Sehingga ketika terdapat kesalahan dalam menuliskan kata, Microsoft Word bisa mengubah satu kata yang sama pada setiap lembar dokumen secara bersamaan dan bisa menemukan kata dengan cepat dan praktis.

Pengertian Microsoft Excel
Meskipun keduanya sama-sama berasal dari program Microsoft, Excel berbeda dengan Word. Microsoft Excel sendiri adalah perangkat lunak (software) yang bisa digunakan untuk mengolah angka.

Melalui Excel, kalian bisa melakukan berbagai kegiatan yang berhubungan dengan angka secara otomatis, misalnya perhitungan dasar, memasukkan rumus, pembuatan tabel, grafik dan masih banyak lagi yang lainnya.

Lembar kerja pada Excel biasa disebut dengan spreadsheet. Dalam pengolahan datanya, Excel bersifat numerik atau angka. Sehingga aplikasi ini sangat cocok digunakan untuk keperluan administrasi.

Fungsi Microsoft Excel
Setidaknya berikut ada beberapa fungsi dari Microsoft Excel yang perlu kalian ketahui. Yuk, simak bersama-sama berikut ini:

Pertama, untuk pembuatan laporan keuangan
Kedua, membuat daftar nilai ataupun daftar hadir
Ketiga, bisa digunakan untuk mencari operasi perhitungan seperti perkalian, pembagian dan mencari rata-rata dari suatu angka
Keempat, untuk menghitung kurs mata uang
Kelima, menyajikan data secara akurat
Keenam, membuat grafik dan diagram
Terakhir, membuat perhitungan otomatis dengan menggunakan rumus
Perbedaan Microsoft Word dan Microsoft Excel
Sedangkan untuk perbedaan Microsoft Word dan Microsoft Excel yang menonjol adalah pada lembar kerjanya. Dimana jika dalam Word lembar kerjanya hanya berupa halaman kosong saja. Tetapi pada Excel, lembar kerjanya berupa kolom dan baris.

Meski keduanya sama-sama bisa digunakan untuk membuat tabel. Pada penggunaannya, Excel jauh lebih professional bahkan bisa menghitung angka secara otomatis dan pastinya mudah dilakukan.

Jadi, jika kalian ingin mengolah kata berupa teks maka Microsoft Word lah yang dipilih. Tetapi, jika kalian ingin mengolah data berupa angka maka Microsoft Excel lah yang harus kalian pilih.

Pastikan kalian menggunakan aplikasi tersebut dengan tepat dan benar. Jangan sampai tertukar lagi ya, detikers!

Sumber : inet.detik

PT Rifan Financindo

No comments:

Post a Comment