Friday, November 6, 2020

Tercemar Bahan Pemicu Kanker, Obat Diabetes yang Ditarik FDA Banyak Dipakai | PT Rifan Financindo


PT Rifan Financindo  -   Obat diabetes metformin ditarik dari peredaran oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA), karena adanya cemaran Nitrosodimethylamine (NDMA) yang bisa memicu kanker. Metformin yang ditarik berasal dari perusahaan farmasi Nostum Laboratories dengan jenis Metformin HCl Extended Release Tablets, USP 750 MG.

Prof Dr dr Ketut Suastika, SpPD-KEMD, Ketua Umum Perkumpulan PERKENI (Perkumpulan Endokrinologi Indonesia) menjelaskan hanya beberapa obat metformin yang ditarik, yang dipastikan mengandung NDMA. Ia juga menegaskan bahwa yang berbahaya adalah zat NDMA, bukan obat metformin itu sendiri.

"Metforminnya sendiri tidak masalah, zat pembawanya itu yang bermasalah. Obat itu kan nggak hanya zat aktif, ada pembawanya juga. Bukan bahan aktif metforminnya yang bahaya," tegasnya pada detikcom, Jumat (6/11/2020).

Penggunaan obat metformin di Indonesia sendiri selama ini bekerja dengan baik pada pasien diabetes. Selain itu harga metformin disebutnya terbilang murah.

"Di Indonesia sendiri metformin sangat dipakai, obat paling murah dan bagus untuk diabetes. Metformin sendiri nggak berisiko berbahaya," lanjutnya.

Seberapa penting metformin ini untuk pasien diabetes?

Dokter spesialis penyakit dalam sub spesialis Endokrin-Metabolik-Diabetes Prof Dr dr Sidartawan Soegondo, SpPD, KEMD, FACE, menjelaskan obat metformin ini termasuk obat lama. Obat ini merupakan first line treatment atau pengobatan pertama untuk para pasien diabetes.

"Metformin obat lama dan bagus dan murah dan merupakan first line treatment untuk diabetes, selama tidak kontra indikasi," jelas Prof Sidartawan saat dihubungi detikcom, Jumat (6/11/2020).

Menurutnya, dengan obat metformin yang diketahui bagus dan murah ini sepertinya tidak akan pernah habis tersedia untuk para pasien diabetes.

"Jadi agaknya tidak akan pernah habis," lanjutnya.

Apa sih fungsi metformin itu?

Dikutip dari laman NHS UK, metformin merupakan obat diabetes oral yang bisa membantu mengontrol kadar gula darah. Biasanya digunakan pada orang dewasa yang mengidap diabetes mellitus tipe 2.

Obat ini biasanya diresepkan untuk pengidap diabetes, jika diet dan olahraga belum cukup membantu mengontrol kadar gula darah.

Selain itu, dikutip dari WebMD metformin juga bisa digunakan untuk membantu mencegah kerusakan ginjal, kebutaan, masalah saraf, hingga masalah fungsi seksual. Metformin ini bekerja untuk memulihkan respons tubuh yang tepat terhadap insulin yang diproduksi tubuh secara alami.


Sumber: health.detik

PT Rifan Financindo

No comments:

Post a Comment