Tuesday, April 28, 2020

Konsumen Belanja Online Gegara Corona, Produsen Harus Maksimalkan Layanan | PT Rifan Financindo

Di tengah pandemi Corona, daya komsumsi masyarakat tetap tinggi. Namun, kebiasaan belanja ke pasar atau ke toko lebih berkurang.

PT Rifan Financindo  -   Di tengah pandemi Corona, daya konsumsi masyarakat tetap tinggi. Namun, kebiasaan belanja ke pasar atau ke toko lebih berkurang.
Sebab, kini konsumen mengurangi intensitas keluar rumah untuk menekan penyebaran virus Corona. Sehingga beralih ke pembelian dalam jaringan (daring) atau online.

Dengan demikian, produsen kuliner harus memaksimalkan smartphone untuk aktivitas penjualan. Menurut Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga (FEB Unair) Dr Tri Siwi Agustina SE MSi, konsumen pada kondisi pandemi mengutamakan kuliner yang menyediakan jasa layanan antar atau take away.

"Masyarakat juga lebih menghendaki produk kuliner yang terjamin higienitasnya, karena kesadaran untuk menerapkan pola hidup sehat. Untuk menjamin kebersihan produk, produsen bisa memberi informasi yang menyatakan suhu tubuh pembuat produk tersebut," kata Siwi di Unair Surabaya, Senin (27/4/2020).

Selain itu, lanjut dia, media sosial juga dapat dipakai untuk menjelaskan kebersihan saat proses produksi hingga pengantaran produk. Dalam kondisi pandemi seperti ini, konsumen cenderung ingin segera menyelesaikan tujuannya.
Siwi mengatakan, untuk para produsen juga harus memastikan stok konsumsi yang akan dijual tersedia. Juga memperhitungkan waktu proses konsumsi dengan jarak waktu pengantaran ke konsumen.

"Jangan sampai konsumen kecewa karena mendapatkan produk kulinernya melewati waktu berbuka puasa atau melewati jam makan sahur," jelasnya.
Namun apabila konsumen memilih datang ke lokasi penjualan, Siwi menyarankan ke produsen untuk menyediakan produk kuliner dalam bentuk kemasan, minimal dua jam sebelum waktu berbuka puasa.

"Pikirkan juga cara pembayaran yang efektif, sehingga konsumen benar-benar hanya datang, mendapatkan produknya, membayar dan langsung pergi," pungkasnya.

Sumber: News.detik
PT Rifan Financindo

No comments:

Post a Comment