Wednesday, December 13, 2023

Oh Ternyata Ini yang Bikin Harga Gula Makin Mahal!

Harga gula kian meroket. Berdasarkan data dari Panel Harga Pangan, harga rata-rata nasional mencapai Rp 17.380/kg di pedagang eceran.
Advertisements


Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi mengatakan harga gula dunia terus mengalami kenaikan. Peningkatan harga gula dunia ini tentunya berdampak besar pada produksi harga gula dalam negeri.

"Namun seperti kita ketahui bersama harga gula dunia terus mengalami peningkatan. Peningkatan harga dunia ini tentu berdampak besar pada harga nasional," kata Arief dalam acara National Sugar Summit 2023 yang dihadirinya secara daring, Rabu (13/12/2023).

Tidak hanya itu, kenaikan harga gula dalam negeri juga disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kenaikan harga produksi on farm maupun off farm. Lalu adanya penurunan produksi akibat perubahan iklim serta restriksi ekspor dari beberapa negara produsen gula.

Arief juga menyebut Indonesia masih bergantung pada impor gula sebesar 30%. Hal ini disebabkan karena menurunnya produksi gula dalam negeri.

Saat ini produksi gula dalam negeri hanya mencapai 2,2 juta ton per tahun. Padahal kebutuhan produksinya sebesar 3,2 juta ton per tahun.

Untuk itu, pemerintah melalui Badan Pangan Nasional terus mengupayakan sejumlah strategi. Badan Pangan Nasional telah menerbitkan beberapa regulasi di antaranya, surat edaran pada tahun 2022 mengenai pemilihan harga gula kristal putih serta penyesuaian harta gula konsumsi di tingkat konsumen tahun 2023.

Sumber : news.detik

No comments:

Post a Comment