Wednesday, December 27, 2023

3 Jurus Jitu Kelola Cashflow agar Transaksi Bisnis Mudah & Praktis

Kondisi keuangan merupakan salah satu indikator naik turunnya performa perusahaan. Oleh sebab itu, sangat penting bagi perusahaan untuk selalu mencatat dan memantau kondisi keuangannya secara berkala.
Kondisi keuangan merupakan hal yang krusial ketika menjalankan bisnis, terlebih bagi pemula. Sebab, dengan mengetahui kondisi keuangan pebisnis bisa mengetahui kesehatan keuangan, mendapatkan gambaran soal perkembangan bisnis, hingga menjadi dasar untuk mengambil keputusan.

Mengutip dari berbagai sumber, berikut adalah 3 tips mengatur kondisi keuangan perusahaan:


1. Ketahui Pentingnya Cashflow

Penelitian menunjukkan cashflow yang buruk adalah alasan di balik sekitar 80% kegagalan usaha kecil. Oleh karenanya, arus cash flow yang baik dapat meningkatkan peluang bisnis untuk bertahan dan berkembang.

Langkah pertama adalah mengenali dan menghargai betapa pentingnya cashflow positif bagi bisnis. Ini adalah salah satu hal terpenting yang dapat perlu diakukan, khususnya bagi yang baru berkecimpung di dunia bisnis.

2. Pahami Dasar Cashflow

Pelajari dasar-dasar untuk menghitung cashflow. Hal yang paling penting yaitu apa saja yang harus diterapkan pada kesehatan keuangan bisnis, meskipun Anda telah menunjuk staf.

Pendelegasian tugas itu penting dan perlu, tetapi tanggung jawab tetap ada di pemilik usaha. Mampu memahami konsep keuangan dan bahasa akuntansi dengan lebih baik memungkinkan pebisnis mengevaluasi kesehatan keuangan.

3. Memantau Cashflow

Jika sudah memiliki niat dan pengetahuan dasar, kini pemilik usah bisa memantau arus kas bisnis Anda. Lihatlah situasi keuangan saat ini, tetapi perhatikan juga polanya, seperti berapa lama waktu yang dibutuhkan klien tertentu untuk membayar tagihannya.

Jika masalah muncul, sangat penting bagi pemilik usaha untuk dapat menentukan penyebabnya sejak dini. Sehingga masalah tersebut dapat diatasi secara efektif.

Berkat kemajuan teknologi, saat ini para pemilik usaha semakin dimudahkan dalam mengecek kondisi aktual keuangan. Sebab, dahulu platform keuangan yang dimiliki perusahaan belum terintegrasi sehingga laporan keuangan menjadi tercecer.

Tak hanya itu, monitoring kondisi keuangan perusahaan dahulu juga lebih sulit karena harus menyusun data satu per satu. Bahkan, untuk mendapatkan catatan keuangan perusahaan, mesti pergi ke kantor cabang bank penerbit rekening bisnis lalu meminta catatan keuangan atau riwayat transaksi dalam bentuk fisik kepada relationship manager (RM) bank.

Cara ini tentu kurang efektif karena memakan waktu dan energi. Namun jangan khawatir karena saat ini telah hadir QLola by BRI, platform yang bisa digunakan untuk monitoring keuangan perusahaan secara real time.

Cukup dengan satu kali log in (Single Sign On), pebisnis bisa mengakses fitur unggulan seperti Cash Management, Trade Finance, Supply Chain Management, Foreign Exchange, Investment Services, Financial Dashboard, serta berbagai layanan lain untuk mengoptimalkan kegiatan bisnis.

QLola by BRI juga memiliki fitur Financial Dashboard yang membantu pengelola atau pemilik bisnis untuk memonitor kondisi keuangan. Fitur tersebut menyediakan informasi lengkap keuangan bisnis, meliputi.

· Current Balance multiple rekening baik giro maupun deposito.
· Tenor dan tanggal jatuh tempo deposito.
· Histori saldo bulanan
· Histori transaksi cash in dan cash out
· Pendapatan bunga bulanan
· Top transactions
· Unduh account statement untuk memudahkan keperluan reporting


QLola by BRI juga memiliki fitur Financial Report yang bisa diunduh dan menampilkan ringkasan aktivitas transaksi keuangan baik uang masuk atau uang keluar.

Nggak cuma itu, QLola juga memiliki fitur Foreign Exchange yang memudahkan pebisnis untuk mengetahui informasi (real time) kurs mata uang asing, produk treasury, berita keuangan internasional terupdate, harga bond ritel, dan remittance tracking.

Melalui fitur ini, pebisnis bisa aktivasi jual beli mata uang asing dengan dealer profesional treasury BRI dengan harga yang kompetitif. Lewat QLola by BRI, para pebisnis juga mampu melakukan kalkulasi hedging dan rate dengan sub-fitur kalkulator.

Seluruh fitur-fitur ini akan mempermudah pengelola bisnis memantau kondisi keuangan dari berbagai rekening, termasuk memonitor keuangan cabang atau grup perusahaan.

Jadi, tunggu apa lagi? Mari bergabung bersama QLola by BRI Integrated. Informasi lebih lanjut, bisa mengunjungi laman ini #BRI #QLolabyBRI #AccesstoSuccess.

Sumber : Finance.detik

No comments:

Post a Comment