Wednesday, April 26, 2023

Pelajaran dari Kasus Panther Vs Pajero Sport Lawan Arah, Perlu Ditiru? | PT Rifan Financindo


PT Rifan Financindo -  Belum lama ini ada pengendara Isuzu Panther menyenggol Pajero Sport yang kedapatan lawan arah dan menggunakan jalur tidak semestinya. Perlukah hal itu ditiru?

Aksi Isuzu Panther menyenggol Pajero Sport yang lawan arah sempat meramaikan jagat sosial media pada arus mudik Lebaran 2023. Dalam video yang beredar di sosial media, terlihat Pajero Sport yang memang tengah mengambil jalur berlawanan arah untuk menyalip mobil di depannya. Saat kejadian itu, kondisi lalu lintas terlihat tengah padat. Tapi pengendara Pajero Sport tetap nekat untuk menyalip.

Kemudian dari arah berlawanan datanglah Isuzu Panther. Panther itu berada di jalur yang benar. Pengendara Panther itu lalu melanjutkan perjalanan namun menyenggol bagian belakang kanan Pajero Sport karena ruang jalan yang sempit. Setelah kejadian, tidak ada perdebatan yang terjadi antara keduanya. Pajero Sport masih dalam posisinya yang berlawanan arah dan masih berusaha meminta dikasih jalan untuk kembali ke jalur semula. Sedangkan Panther terus melaju.


Aksi Panther itu mendapat banyak dukungan dari warganet yang menganggap pengendara lawan arah memang harus diberi pelajaran. Pasalnya selama ini banyak pengendara yang enggan antre dibiarkan begitu saja. Pada akhirnya, kejadian serupa masih terus terulang.

Namun Praktisi Keselamatan Berkendara sekaligus Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu memiliki pandangan lain. Dari sisi keselamatan berkendara, tidak seharusnya pengendara Panther melakukan aksi tersebut.

"Jadi kalau kasus kemarin, jangan pernah kita sok menjadi hakim karena perilaku atau pelanggaran yang dilakukan orang itu bukan domain kita untuk melakukan pembenaran atau dia salah. Domain kita, tiba di rumah, selamat, mendapatkan perjalanan yang nyaman dan penumpang kita aman, selamat sampai di tujuan," kata Jusri saat dihubungi detikOto melalui sambungan telepon.

Ia menyarankan, bila mengalami kejadian seperti pengendara Panther ada baiknya mengalah. Beruntung kemarin tidak ada gesekan antara kedua pengendara. Bukan tidak mungkin kejadian seperti itu berpotensi memicu kontak fisik antara keduanya. Daripada terjadi hal yang tak diinginkan, prinsip keselamatan berkendara adalah mengalah.

"Tapi ada yang bilang 'lu bodoh ngalah' nah itu salah satu fenomena yang salah kalau mengatakan dia salah. Kita enggak boleh jadi hakim, yang mengatakan benar atau salah itu kan hakim," tambahnya.

Adapun setelah kejadian itu, kondisi Panther diketahui hanya baret-baret di bagian depan. Akun TikTok kokochen17 yang mengaku sebagai adik dari pengendara Panther mengungkap bahwa kakanya sudah sampai di kampung halaman. Semua pengendara dan penumpang juga selamat meski mobil sempat bergesekan dengan Pajero Sport.

"Tapi Syukur alhamdulillah, udah sampe kampung halaman keluarga di dalam mobil kondisi sehat semua," tulis akun tersebut.

Sumber : news.detik
PT Rifan Financindo

No comments:

Post a Comment