Monday, January 16, 2023

Daftar Terbaru Wilayah Siaran TV Analog yang Akan Dimatikan | PT Rifan Financindo

PT Rifan Financindo  -  Penghentian siaran TV analog akan dilakukan lagi yang selanjutnya digantikan TV digital. Siap-siap wilayah siaran di Medan, Bali, Palembang, Makassar, dan Banjarmasin akan menyusul disuntik mati TV analog.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengungkapkan wilayah-wilayah siaran yang akan dipadamkan siaran TV analognya itu berdasarkan dari permintaan stasiun TV swasta.

Sebagai informasi, stasiun TV swasta yang dimaksud ini adalah yang tergabung dalam Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI), yakni Emtek Grup (SCTV, Indosiar), MNC Grup (RCTI, GTV), Transmedia (Trans TV, Trans 7), Media Grup (Metro TV), VIVA Grup (TV One, ANTV).


Adapun usulan tersebut, penerapan migrasi TV analog ke digital berikutnya di wilayah siaran Medan, Bali, Palembang, Makassar, dan Banjarmasin ini bagian dari 11 kota yang menurut Nielsen merupakan kota-kota besar di Indonesia dengan memiliki rating televisi oke.

Hanya saja untuk melakukan suntik mati TV analog di wilayah siaran tersebut akan dilaksanakan apabila distribusi set top box TV digital gratis sudah rampung, sehingga tidak jadi kendala bagi rumah tangga miskin yang akan menonton siaran TV digital.

"Swasta merencanakan ASO berikutnya di Medan, Bali, Palembang, Makassar dan Banjarmasin namun distribusinya masih rata2 10%," ujar Direktur Penyiaran Ditjen PPI Kementerian Kominfo, Geryantika Kurnia kepada detikINET, Senin (16/1/2023).

Berdasarkan hasil pertemuan sebelumnya, TV Swasta yang juga penyelenggara multipleksing (mux) akan kebut distribusi set top box TV digital gratis ini di daerah yang akan dimatikan siaran TV analognya.

"Kelihatannya dari ATVSI akan menyelesaikannya sebelum ke kota lain (pelaksanaan ASO-nya). 11 kota yg menjadi fokus rating Nielsen kalau dilihat ASO kemarin kota di Jawa sudah ASO komposisi populasi dan iklannya paling besar," tutur Gery.


Diberitakan sebelumnya, implementasi ASO baru diterapkan di 265 kabupaten/kota dari 514 kabupaten/kota. Pemerintah terus mengejar digitalisasi penyiaran di 249 kabupaten/kota lainnya.

Kota Nielsen yang sudah dilakukan penghentian siaran TV analog dan dialihkan ke TV digital sebelumnya, yaitu di wilayah siaran Jabodetabek, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, dan Bandung.


Sumber : news.detik

PT Rifan Financindo

No comments:

Post a Comment