Monday, October 19, 2020

Ketika Warga Surabaya Temukan Al-Qur'an Utuh di Rumah yang Ludes Terbakar | PT Rifan

 


PT Rifan  -  Ada Al-Qur'an utuh di rumah yang ludes terbakar, Jalan Dapuan Tegal IX, Surabaya. Kitab Agama Islam itu ditemukan tidak terbakar di lemari yang hangus terbakar.

Pantauan detikcom di lokasi, Al-Qur'an dengan cover depan berwarna merah dan hijau itu ditemukan utuh tidak terbakar bersama buku yasin. Sementara tumpukan buku lainnya terbakar.

Di sudut lain, tampak tumpukan tatanan gelas juga utuh meski di beberapa bagian tampak gosong karena terkena api. Namun di Al-Qur'an yang tidak terbakar itu sama sekali tidak ditemukan bekas gosong. Al-Qur'an itu ditemukan dalam keadaan basah setelah terkena air dari pemadam kebakaran.

Tari, tetangga pemilik rumah yang ludes terbakar, mengaku menemukan Al-Qur'an itu di rak lemari yang mayoritas ludes terbakar. "Lah sampean (anda) lihat sendiri lemarinya wes gak rupo (sudah tidak berwujud). Gosong semua, dan hampir semuanya terbakar," ujar Tari di lokasi, Minggu (18/10/2020).

"Iya ini Al-Qur'an-nya basah tapi. Ini sama ada buku yasinan juga. Yang Al-Qur'an saya tinggal sana (rak lemari). Kalau buku yasinan saya pindah ini di luar rumah," kata Tari.

Usai ditemukan utuh, Al-Qur'an itu sempat difoto-foto oleh warga sekitar yang turut kaget karena kitab itu tidak terbakar. Salah satunya Qosim. Ia mengaku kaget Al-Qur'an masih utuh, padahal rumah ludes

Dalam kebakaran yang disebabkan oleh api dari kompor elpiji itu, dua rumah ludes dilahap si jago merah. Sebuah motor Honda Scoopy juga ludes terbakar serta satu rumah di beberapa bagian juga turut terbakar.

"Motornya aja ludes sisa rangka. Kulkas sama isinya aja udah gak karuan. Nah ini kuasa Gusti Allah, Al-Qur'an masih utuh gak ada gosongnya sama sekali. Hanya basah aja," terangnya.

Ini bukan temuan pertama di 2020. Pada 29 Februari 2020, terjadi kebakaran asrama di Jalan Kesatrian, Kecamatan Wonokromo, Surabaya. Dalam proses pembasahan, petugas menemukan Al-Qur'an yang tidak terbakar. Padahal kebakaran tersebut melalap delapan asrama hingga ludes. Namun Al-Quran itu tetap utuh atau masih bisa dibaca.

Temuan itu pun menyita perhatian Kabag Operasional PMK Surabaya, Bambang Vistadi. Bahkan, ia langsung mem-posting Al-Qur'an tersebut di akun Facebooknya.

"Subhanallah. Kitab ini masih utuh saat kebakaran di Kesatrian asrama Kodam V Brawijaya Sabtu (29/2)," tulis Bambang saat itu.

Saat dikonfirmasi detikcom, Bambang juga merasa kaget dan tak menyangka. Karena asrama saja sudah ludes kebakar, tetapi Al-Qur'an itu bisa utuh. "Kaget aja, secara logika kena radiasi panas atau radiasi api kebakar," ujarnya.

Sumber: News.detik

PT Rifan

No comments:

Post a Comment