Wednesday, November 8, 2023

Kiat Ajaib Edukasi Investor Pemula Biar Mudah & Untung Berinvestasi

Platform investasi online, Ajaib dinilai terus mencatatkan pertumbuhan yang positif. Pada tahun ini, Ajaib tercatat berhasil menumbuhkan pertumbuhan investor hingga 50% di semester 1 2023.

Atas capaian tersebut, Direktur Utama PT Ajaib Sekuritas Asia, Juliana mengatakan pihaknya bersyukur karena sudah dipercayakan oleh generasi muda yang kini sudah senang terjun di dunia investasi.

"Satu keberuntungan juga dan pastinya juga ada kepercayaan yah yang diberikan oleh para investor kita. Jadi sampai saat ini pun saya melihat antusiasme itu masih ada, masih tetap meningkat, apalagi kalau kita bandingkan dengan semester 2 tahun 2022 kemarin," kata Juliana dikutip dari 20detik di acara Demi Indonesia Bangga Special Interview, Rabu, (8/11/2023).

Juliana mengungkapkan agar investor pemula tidak salah langkah dalam berinvestasi, maka ada beberapa hal yang dilakukan oleh pihaknya. Di antaranya adalah dengan mengedukasi, meliterasi, dan juga memberi pemahaman mengenai inklusi keuangan.

"Edukasi, literasi, inklusi keuangan merupakan salah satu pondasi utama yang paling kuat, yang paling selalu kita fokuskan, dan secara konsisten selalu kita lakukan," jelas Juliana.

Ia menambahkan berbagai macam kegiatan telah dilakukan pihaknya untuk menggencarkan hal itu. Namun, yang paling penting menurutnya adalah mengedukasi, yaitu mengenalkan apa itu investasi, instrumennya, sehingga diharapkan para investor pemula bisa menganalisa sendiri instrumen investasi yang digunakannya.

"jadi mereka nggak ikutan fomo. Jadi edukasi, literasi keuangan ini memang merupakan salah satu pondasi penting yang harus dibangun, jadi makanya kita sangat gencar untuk melakukan kegiatan edukasi dan literasi keuangan," katanya.

Adapun kegiatan yang dilakukan oleh Ajaib juga biasa digelar secara daring ataupun luring. Tidak sendiri, Ajaib juga kerap berkolaborasi dengan beberapa instansi seperti Otoritas Jasa Keuangan selaku regulator, atau dengan SRO seperti Bursa Efek Indonesia (BEI).

"Jadi ada juga seperti kelas Sekolah Pasar Modal (SPM), itu biasanya tersebar dari Sabang sampai Merauke, itu juga kita sangat aktif berkolaborasi dengan mereka untuk mengedukasi," papar Juliana.

Juliana juga memaparkan saat ini ajaib sudah mengintegrasikan beberapa fitur kebutuhan baik untuk reksadana ataupun saham. Sehingga hal ini semakin memudahkan para investor untuk berinvestasi, apalagi kini semakin terbantu karena adanya kemajuan teknologi.

"Dengan perkembangan teknologi, didukung peraturan yang sudah mumpuni saat ini sangat mapan di pasar modal, kita bisa melakukan proses KYC (Know Your Customers). Di situ orang melakukan pendaftaran secara online, nggak perlu ribet-ribet harus datang ke kantor cabang atau mengirimkan paper untuk diantarkan, dikirimkan ke kantor kita," papar Juliana.

"Jadi semuanya bisa melalui aplikasi aja seluruh pendaftarannya langsung online dan kita bisa langsung proses, bila kita sudah selesai memproses langsung bisa transaksi. Nah transaksinya sendiri itu bisa langsung, seperti yang saya tadi sampaikan bisa memilih reksadana ataupun saham," imbuhnya.

Sebagai informasi, kemudahan yang diberikan Ajaib untuk masyarakat Indonesia berinvestasi membuatnya mendapatkan penghargaan dari detikcom Awards sebagai 'Aplikasi Investasi Trading Kripto Terpercaya'. Detikcom awards merupakan penghargaan bergengsi yang diberikan kepada individu, merek, dan lembaga di Indonesia yang telah memberikan kontribusi luar biasa di berbagai bidang.


Sumber : Finance.detik

No comments:

Post a Comment