Wednesday, November 1, 2023

Ini Rahasia Tukang Sumur Bor Menemukan Sumber Air

Biasanya, masuk musim kemarau kita mungkin akan kesulitan mendapatkan air. Untuk mendapatkan pasokan air, umumnya kita akan menggunakan jasa tukang sumur bor.

Dengan keterampilan khusus dan pengetahuannya, tukang sumur bor bisa menemukan mata air di bawah permukaan tanah.

Nah, rahasia tukang sumur bor dalam menemukan sumber air telah menjadi misteri yang menarik bukan? Bagaimana cara kerja mereka menentukan sumber air di dalam tanah?

Untuk mengungkapnya, detikcom pun telah bertanya langsung kepada salah satu tukang sumur bor di kawasan Bogor, bernama Hasan.

Cara Menemukan Sumber Air Sumur Bor

Hasan menjelaskan bahwa cara tukang sumur bor menemukan sumber air di tanah adalah dengan menggunakan metode geolistrik.

"Kita juga ada geolistrik karena saya ada kenalan S1 geologi. Jadi, untuk daerah yang harus di-geolistrik bakal kita lakukan, biar kita tahu sumber airnya di mana. Cara ini disarankan untuk daerah yang sulit menemukan sumber airnya," ungkap Hasan saat ditemui langsung oleh detikcom, Jumat (29/9/2023) yang lalu.

Dikutip dari Geosantara Indonesia, geolistrik adalah metode geofisika untuk mengetahui sifat-sifat kelistrikan lapisan batuan, yang ada di bawah permukaan tanah.

Berikut adalah tahapan dalam melakukan metode geolistrik:

1. Melakukan Perencanaan Eksplorasi Air Tanah

Sebelum melakukan pembuatan sumur bor rumah tangga, geolistrik berperan sebagai perencanaan tahap awal untuk melakukan eksplorasi air tanah.

Perencanaan ini dilakukan bertujuan untuk mendapatkan hasil yang akurat dari pengolahan data geolistrik.

2. Mengetahui Potensi Air Tanah

Logging air tanah dilakukan untuk mengetahui potensi dan kedalaman air tanah. Alat geolistrik digunakan dalam proses ini juga berfungsi untuk memberi saran titik ke dalam pengeboran, peletakan saringan, serta konstruksi sumur bor.

3. Menentukan Sumber Daya Air Tanah

Menariknya, untuk mengetahui bentuk lapisan penyimpan cadangan air, hasil geolistrik bisa dilakukan pemodelan 3D.

Selain itu, alat geolistrik juga bermanfaat untuk mengetahui sumber daya air tanah, ketebalan lapisan sedimen di dalam tanah, serta jenis batuan mineralnya.

4. Melakukan Pengukuran dengan Akurat

Alat geolistrik akan membantu untuk mendapatkan data hasil pengukuran yang akurat. Sehingga, hasilnya bisa dikorelasikan dengan data geologi, hidrogeologi, hingga cekungan air tanah.

Biaya Survey Geolistrik Sumur Bor

Dalam proses pembuatan sumur bor, metode geolistrik memang sering dilakukan, karena bisa membantu dalam pencarian air tanah. Pengerjaan metode ini pun bisa dibilang relatif singkat dan banyak manfaatnya.

Dengan kelebihan tersebut, tak heran jika biaya jasa geolistrik terbilang relatif mahal.

"Buat satu kali survey geolistrik dipatok sekitar Rp 3 juta dan pengerjaannya sehari juga sudah selesai. Nanti keluar laporan detail berupa PDF yang bisa dianalisis," terang Hasan.

Itu tadi penjelasan tentang dari mana sumber air sumur bor dan bagaimana tukang sumur bor menemukan sumber air tersebut.

Sumber : Finance.detik

No comments:

Post a Comment