Tuesday, May 30, 2023

Orang Tua Wajib Tahu, Ini 5 Cara Dukung Anak Hadapi Ujian Sekolah | PT Rifan Financindo

PT Rifan Financindo  -  Ujian sekolah dan penilaian akhir tahun seringkali menjadi hal yang ditakutkan anak-anak. Bahkan, tak jarang mereka sering stress saat menghadapi ujian.

Oleh karena itu, diperlukan peran orang tua agar anak siap menghadapi ujian. Lalu, apa saja hal yang perlu dipersiapkan orang tua untuk membantu anak konsentrasi belajar.

1. Buat Rencana Belajar

Membuat rencana belajar merupakan salah satu cara yang perlu dilakukan agar bisa mendukung anak dalam menghadapi ujian sekolah. Dikutip dari Nord Anglia Education cara tersebut mampu mengurangi rasa stress kepada anak saat akan menjalankan ujian sekolah.

Jika jadwal ujian sudah diketahui, maka orang tua harus mengembangkan panduan belajar berdasarkan topik-topik dari setiap mata pelajaran. Serta dilakukan tes untuk latihan secara teratur di rumah.

2. Kenali Gaya Belajar Anak

Mengenali gaya belajar anak juga tidak kalah penting untuk dilakukan. Pasalnya, setiap anak memiliki gaya belajar yang cenderung berbeda-beda.

Beberapa contoh tipe pelajar antara lain pembelajar visual yakni melalui media gambar atau video, pembelajar auditori dengan mendengarkan suara, pembelajaran membaca atau menulis, dan pembelajar kinestetik atau dengan peragaan.

3. Jaga Mood Anak

Mood yang baik bisa mendorong minat belajar anak. Sebab jika mood anak tidak baik maka, anak cenderung enggan untuk belajar. Oleh karena itu, memastikan mood anak dalam kondisi baik merupakan hal yang perlu dilakukan.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga mood anak, antara lain mengurangi penggunaan gadget, lakukan aktivitas fisik yang menyenangkan sebelum belajar, suguhkan sejumlah camilan yang disukai anak, dan lainnya.

4. Pastikan Anak Tidur Cukup

Memastikan kualitas tidur anak tercukupi juga tidak kalah penting. Pasalnya, tidur berkualitas mampu menjaga konsentrasi anak saat belajar atau bahkan ketika ujian berlangsung. Jika konsentrasi terjaga, maka anak bisa lebih fokus dalam menjalankan suatu pekerjaan.

Agar mendapatkan kualitas tidur yang memadai, pastikan anak tidak tidur terlalu malam. Sebab hal tersebut bisa menyebabkan anak terserang kantuk yang cukup berat di pagi harinya. Khusus untuk anak usia sekolah, idealnya jam tidur mereka berkisar 10-11 jam perhari.

5. Beri Nutrisi Bergizi

Pemenuhan nutrisi bergizi perlu dilakukan oleh setiap orang tua. Ada sejumlah nutrisi yang bisa diberikan untuk membantu anak belajar, antara lain ikan berlemak, kacang-kacangan, biji-bijian, dan alpukat yang terbukti baik untuk perkembangan otak serta meningkatkan konsentrasi.

Nutrisi bergizi memang penting untuk meningkatkan perkembangan otak dan meningkatkan konsentrasinya. Agar lebih mudah menjaga asupan nutrisi anak, orang tua bisa memberikannya Susu Zee.

Selain mengandung minyak ikan yang baik untuk meningkatkan daya ingat dan konsentrasi, serta DHA untuk kecerdasan otak. Susu Zee juga mengandung Nutripro+ yang tinggi kalsium, protein, 12 vitamin & 5 mineral, serta 9 asam amino esensial sebagai nutrisi yang tepat untuk optimalkan anak tumbuh tinggi



Sumber : news.detik

PT Rifan Financindo

No comments:

Post a Comment