Wednesday, March 29, 2023

Netizen Terbelah, Dukung dan Tolak Timnas Israel di Piala Dunia U-20 | PT Rifan Financindo


PT Rifan Financindo -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menjamin keikusertaan Timnas Israel di Piala Dunia U-20 tidak terkait konsistensi sikap politik luar negeri Indonesia.

Jokowi mengatakan, saat ditunjuk sebagai tuan rumah, Indonesia belum tahu Israel ikut serta dalam Piala Dunia U-20. Dia menjelaskan Indonesia melalui proses seleksi yang panjang.

"Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan Piala Dunia U-20 melalui proses biding, melalui proses seleksi panjang, dan proses akhir ada tiga kandidat negara: Brasil, Indonesia, dan Peru," kata Jokowi dalam pernyataan pers di akun YouTube Setpres, Selasa (28/3).

Jokowi mengatakan saat itu Indonesia tidak tahu siapa saja yang ikut sebagai peserta Piala Dunia U-20. Karena saat itu masih proses prakualifikasi.

"Saat ditunjuk menjadi tuan rumah, kita tidak tahu siapa yang akan menjadi tim peserta karena masih dalam proses prakualifikasi," ujarnya.

Jokowi mengatakan kepastian Timnas Israel U-20 dalam ajang ini baru diketahui pada Juli 2022. "Dan kepastian soal timnas Israel U-20 baru kita ketahui pada Juli 2022," ungkapnya.

"Saya menjamin keikutsertaan Israel tidak ada kaitannya dengan konsistensi posisi politik luar negeri kita terhadap Palestina karena dukungan kita terhadap Palestina selalu kokoh dan kuat," tegas Jokowi.

Kendati begitu netizen masih terbelah, banyak yang mendukung tidak sedikit pula menolak. Berikut rangkumannya:

"Intinya Yg disampaikan presiden @jokowi FIFA punya aturan sendiri Yg Hrs dipatuhi anggotanya, lalu sepakat Dng Dubes Palestina agar tak mencampur-adukkan urusan olahraga Dng politik, karena itu Jng lagi ada Yg menolak kehadiran Timnas Israel di Pildun U-20," kata @Mjohnsamosir.

"Ku bukan ingin mendukung Israel dan agresi mereka ke Palestina. #SavePalestina harus terus diusahakan dah diperjuangkan. Namun menurutku upaya penolakan seperti ini bisa jadi jalan tapi kayak pisau bermata dua. Gw setuju sm langkah pak Jokowi buat berdiskusi dulu ke FIFA," ujar @Blanktito

"Kok banyak yg tiba2 insyaf inget konstitusi 😂🤣 biasa kerjaannya provokasi melecehkan konstitusi 🤭 sejak kapan FIFA jadi penjajah atau sejak kapan team u20 israel jadi penjajah? Makin lucuk2 aja klean..." tulis @tukanggerutu.

"Biarin aja timnas Israel ke sini. Nanti kalau mereka tanding kita kibarkan bendera Palestina," ajak @ecat210.

"Saya kasih solusi! U20 tetap di gelar di NKRI!! Timnas ISRAEL main di stadion Manado ! Disana ada sinagoge juga! Dan manado kota damai paling toleran! Walau Gubnya PDIP tapi nggak berani dia Nolak timnas Israel! Dikutuk dia nanti!!" ujar @channel_alec.

"Dulu Soekarno dan pemuda berkorban banyak hal demi membela Palestina, skrg anak muda berani meremehkan perjuangan membela Palestina dan melupakan amanat konstitusi hanya demi main bola bersama zionis israel. Padahal prestasi juga belum tentu diraih," kata @ak_asapary.

"Yg tolol yg sok-sok an bela Israel padahal ga ngerti sejarah besar negeri ini yg sdh sejak Republik ini berdiri sdh menegaskan Anti Penjajahan dalam bentuk apapun di muka bumi ini. Baca Pembukaan UUD1945 dan Sejarah Pak Soekarno yg melarang Timnas main melawan Israel," ujar @ichsan_itcomm.

Sumber : detik
PT Rifan Financindo

No comments:

Post a Comment