Friday, August 21, 2020

Alun-alun Suroboyo Ada Kemungkinan Ditutup Setelah Banyak Warga Berkerumun | PT Rifan Financindo

 

PT Rifan Financindo - - Alun-alun Suroboyo menjadi sorotan karena banyak warga berkerumun pada Kamis (20/8) malam. Kini Pemkot Surabaya terus melakukan evaluasi.

"Hari ini kita terjunkan full team untuk melakukan evaluasi secara langsung dan tidak menutup kemungkinan untuk dilakukan penutupan. Kami melihat situasi dan kondisi terakhir," kata Wakil Sekretaris Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan COVID-19 Surabaya yang juga Kepala BPB Linmas Kota Surabaya Irvan Widyanto kepada detikcom, Jumat (21/8/2020).

Irvan menambahkan, salah satu evaluasi yang dilakukan secara langsung yaitu mengusulkan kepada Dinas Perhubungan Kota Surabaya agar melakukan penertiban parkir liar.

"Kita usul ke Dishub untuk menutup spot-spot parkir insidentil yang ada di sekitar sini (Alun-alun Suroboyo)dengan harapan bisa mengurangi jumlah pengunjung yang akan masuk ke sini," ungkap Irvan.

"Dan kita juga melakukan penghitungan jumlah pengunjung yang sekarang ini ada, dan ketika mencapai dari kapasitas itu (yang ditentukan), maka untuk entry point-nya kita lakukan penutupan jadi tidak ada lagi yang masuk. Mulai dari pintu masuk, tempat parkir dan parkir-parkir insidentil yang ada itu," lanjut Irvan.

Selain itu, petugas juga melakukan penyemprotan disinfektan di lokasi Alun-alun Suroboyo secara berkala. Dalam sehari bisa tiga sampai empat kali.

Malam ini, pengunjung tidak seramai malam-malam sebelumnya. Bahkan cenderung sepi. Petugas disebar di semua titik. Mulai dari pintu masuk, parkiran lapangan utama, sebelah barat dan timur.

Senin (17/8), Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini meresmikan Alun-alun Suroboyo. Rencananya, selama 7 hari setelah diresmikan, pemkot akan menggelar pertunjukan musik hingga seni budaya di alun-alun tersebut.

Untuk menghindari kerumunan warga, pemkot mencoba membatasi jumlah pengunjung alun-alun. Yakni hanya 40 persen dari total kapasitas Alun-alun Suroboyo.

Namun karena banyak warga yang penasaran dan haus akan hiburan, kerumunan pun tak bisa dihindarkan pada Kamis (20/8) malam. Pembatasan jumlah pengunjung justru menyebabkan terciptanya kerumunan warga di sekitar alun-alun. Ratusan warga yang tidak bisa masuk alun-alun memenuhi pedestrian Jalan Gubernur Suryo hingga Yos Sudarso. Akhirnya pertunjukan seni pun ditunda untuk sementara.

Sumber: Market.bisnis

PT Rifan Financindo

No comments:

Post a Comment