Wednesday, August 14, 2019

Bayi Kembar Siam Asal Kendari Jalani Operasi Pemisahan | PT Rifan FInancindo

Bayi Kembar Siam Asal Kendari Jalani Operasi Pemisahan

PT Rifan Financindo  -  Bayi kembar siam dempet dada dan perut asal Kendari, Aqila dan Azila menjalani operasi pemisahan. Operasi ini digelar sejak dini hari tadi sekitar pukul 03.00 WIB di RSU dr Soetomo Surabaya, Rabu (14/6/2019). 

"Kita sudah mulai jam 03.00 WIB dini hari, sekarang Aqila-Azila masuk ke kamar operasi di sini dan sudah diterima oleh tim pembedahan," kata Wakil Ketua Tim Penanganan Kembar Siam RSU dr Soetomo, dr Purwadi saat dikonfirmasi.

Selain itu, jelas dia, operasi kembar siam ini diperkirakan berlangsung selama 12 jam.

"Pengalaman kami akan lebih singkat, tapi kami perkirakan 12 jam. Mudah-mudahan Allah menghendaki lebih cepat daripada itu," imbuhnya. 

Operasi pemisahan bayi berusia 16 bulan ini dilakukan tim kembar siam yang berjumlah 70 dokter, di Gedung Bedah Pusat Terpadu (GBPT) RSU dr Soetomo.

Semua dokter melakukan perannya secara bergantian. Setiap penanganan setidaknya ada 8 dokter yang ikut ke ruang operasi.

"Kalau tim dokter bedah anak sudah selesai melakukan pekerjaannya, mereka keluar. Nanti ganti tim dokter lain," ujarnya.

Sebelumnya, RSU dr Soetomo juga telah melakukan berbagai kesiapan. Salah satunya dengan gladi bersih yang telah digelar sejak, Senin (12/8). Selain itu, persiapan operasi ini juga dilakukan dengan melakukan karantina bayi kembar siam.


"Mulai Senin, kembar siam mulai dikarantina dan dilakukan perapian kuku dan penerapan diet untuk mempersiapkan pencernaan anak," imbuhnya. 

Tak hanya itu, dia menyebut telah melakukan swab atau membersihkan berbagai bagian kulit bayi dan berbagai sela bagian tubuhnya, Selasa (13/8). Selain itu, bayi kembar siam juga dimandikan dua kali sehari menggunakan antiseptik.



Akhirnya Bayi Kembar Siam Adam & Malik Berhasil Dipisahkan:



Sumber: News.detik
PT Rifan Financindo 

No comments:

Post a Comment